Kamis, 07 Juni 2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan pendidikan : SMP
Mata pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas/ semester :
IX / 1
Pokok bahasan : Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup
Alokasi waktu :
2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 Menit )
Tahun pembelajaran : 2011/2012
I.
STANDAR KOMPETENSI
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup..
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendriskripsikan
konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
III.
INDIKATOR
1.
Mendiskripsikan
jenis-jenis sifat yang diturunkan mMakhluk Hidup
2.
Mendiskripsikan
faktor penentu Pewarisan Sifat.
3.
Mengetahui
proses pewarisan Sifat
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat mendiskripsikan jenis-jenis sifat yang diturunkan mMakhluk Hidup
2.
Siswa
dapat mendeskripsikan faktor penentu Pewarisan Sifat.
3.
Siswa
dapat mengetahui proses pewarisan Sifat.
V. KARAKTERISTIK SISWA
1. Disiplin
2. Kerja sama
3. Ketelitian
4. Tanggung jawab
VI. MATERI PEMBELAJARAN
Peta Konsep

VII.
STRATEGI PEMBELAJARAN
A.
Model pembelajaran : Pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inquiry
B.
Metode pembelajaran : Ceramah, Eksperimeni, Tanya jawab,
Presentasi, Penugasan.
VIII.
MEDIA PEMBELAJARAN
A. Alat : Laptop,
LCD,
B. Bahan :
Kancing, Gunting dan Benang
IX.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
v
Memberikan
pertanyaan kepada siswa “ Apakah wajahmu mirip dengan ayah atau ibumu?
v
Iya
v
Kenapa
bisa ada kemiripan?
v
Karena
ada penurunan sifat.
b. Menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
c.
Guru menyebutkan indikator
pembelajaran di depan kelas
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan
secara singkat tentang materi yang akan di ajarkan. ( 10 menit )
-
Guru
membagi siswa menjadi 6 kelompok. Masing-msaing kelompok beranggotakan 5
siswa yang memang sudah terbentuk . (5 menit )
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian pewarisan sifat.
-
Peserta didik memperhatikan faktor
penentu pewarisan sifat dibawa oleh guru.
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses pewarisan sifat.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk mengambil mendapat lembar eksperimen yang memuat langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengetahui perbandingan dengan sifat beda.
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang terdapat pada lembar eksperimen.
-
Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi secara klasikal.
-
Guru menanggapi hasil diskusi peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
-
|
50 Menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa untuk
membuat rangkuman/kesimpulan berdasarkan materi yang telah disampaikan.
b.Guru memberikan soal evaluasi sebanyak 5 butir soal tentang materi
yang telah dipelajari sebagai postest.
c.
Guru menyarankan kepada siswa
untuk mempelajari materi selanjutnya.
d.
Guru mengucapkan salam
penutup.
|
20 Menit
|
X.
SUMBER BELAJAR
1.
Referensi
a.
Rinawan dkk. 2010. IPA SMP untuk Kelas IX. Surabaya: PT. Jepe Press Media Utama.
b.
Lestari,
Sri dkk. 2007. IPA Biologi Eksplorasi.
Untuk SMP dan Mts Kelas IX. Klaten: Intan Pariwara
XI.
PENILAIAN
1.
Proses
Lembar observasi peran siswa
dalam proses pembelajaran.
Hari/Tanggal :
Kelas/Semester :
IX/I
|
|
Aspek yang dinilai
|
NILAI
|
|||||||||
No
|
NAMA SISWA
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
![]() ![]()
fe
|
|||||||
|
|
KB
|
KM
|
KMn
|
KK
|
KD
|
KS
|
KA
|
KMi
|
KMc
|
KMr
|
|
1.
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
E
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
KB : kemampuan bertanya
KM : kemampuan menjawab
KMn : kemampuan menerima
KK : kemampuan kerja sama
KD : kedisiplinan
KA : keaktifan
KS : keseriusan
KMi : kemampuan mengikuti
intruksi
KMc : kemampuan mencermati
KMr : kemampuan merespon
·
Nilai

Ƒe
Keterangan :
ƒe : frekuensi ekspenteasi / frekuensi harapan
ƒo : frekuensi observasi
2.
Prodak
Tes tertulis
1
Jelaskan alasan Mendel menggunakan kacang kaprisebagai
bahan penelitiannya? ( 20 )
2
Jelaskan pengertian lokus? ( 15 )
3
Tuliskan Hukum
Mendel I! ( 25 )
4
Tuliskan Hukum
Mendel II! ( 25 )
5
Sebutkan macam-macam kromosom! ( 15 )
Rubrik Penilaian
No
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Alasannya karena bentuk biji
matang,warna biji kuning dan hijau,warna bunga putih dan ungu,warna polong
muda hijau dan kuning,bentuk polong tua halus dan kasar,tinggi tanaman ada
yang tinggi dan pendek.
|
0
4
8
12
20
|
2
|
Lokus merupakan posisi atau letak gen kromosom,misalnya gen-gen penentu
bentuk biji mempunyai lokus yang berbeda dengan gen penentu warna biji.
|
0
4
8
12
15
|
3
|
Pada setiap pembentukan gamet ,pasangan alel akan memisah (bersegresi
bebas).
|
0
4
8
12
25
|
4
|
Pada setiap alel dari satu lokus dapat berpasangan secara bebas dengan
alel ddari lokus lain pada pembentukan zigot.
|
0
4
8
12
25
|
5
|
Kromosom ada
dua yaitu:
-
Autosom (
kromosom tubuh )
-
Gonosom (
kromosom kelamin )
|
0
4
8
12
15
|
Lembar Kerja Siswa
I.
Tujuan : menyelidiki perbandingan
genotip dan fenotip F2 pada
persilangan monohibrida
dominasi.
II. Dasar Teori
: Pada persilangan monohibrida dominasi dihasilkan
keturunan kedua ( F2 ) dengan perbandingan fenotip dan genotip
tertentu.
Keturunan kedua menunjukkan fenotip dominan dan resesif dengan
perbandingan tertentu ( Hukum Mendel II )
III.
Alat dan Bahan
1.
Kancing baju merah
100 buah
2. Kacing baju putih
100 buah
3. Kertas karton ( 20 cm x 30 cm ) 2 buah
4. praktikan
5. Buku lembar kerja
IV.
Cara Kerja :
1. Siapkan 50 kancing baju merah dan
50 kancing baju putih campur dan letakkan dalam kertas karton berilah tanda
pada kertas karton Wadah A
2. Lakukan seperti kegiatan nomor 1
untuk kertas karton yang kedua dan berilah tanda wadah B.
3. Wadah A kita anggap sebagai induk
jantan dengan 100 gen ( heterozigot ) dan wadah B kita anggap sebagai induk
betina dengan 100 gen ( heterozigot )
4. Mintalah seorang temanmu untuk
mengambil 1 kancing baju dari wadah A
dan 1 kancing baju dari wadah B dengan mata terpejam, catatlah setiap pasangan kancing
baju yang diperoleh dalam tabel.
5. Lakukan kegiatan itu sampai
diperoleh 100 kancing baju .Kemudian ulangi kegiatan tersebut sampai diperoleh
3 kali data kegiatan.
V.
Hasil Kegiatan
A. Tabel Hasil Pengamatan
1. Percobaan 1
No.
|
Warna kancing baju
|
Genotip
|
Fenotip
|
Jumlah
|
Ket.
|
1.
|
merah – merah
|
MM
|
|||
2.
|
merah – putih
|
Mm
|
|||
3.
|
putih – putih
|
Mm
|
2. Percobaan 2
No.
|
Warna kancing baju
|
Genotip
|
Fenotip
|
Jumlah
|
Ket.
|
1.
|
merah – merah
|
MM
|
|||
2.
|
merah – putih
|
Mm
|
|||
3.
|
putih – putih
|
Mm
|
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Lucky Lady Casino No Deposit Bonus Codes
A lucky lady casino no deposit bonus is available to new players. Players who sign up with the casino may earn 1xbet a ラッキーニッキー small cash bonus of up to $2000 and can win up vua nhà cái to
The 8 best Asian games - Choegomachine
The 8 best Asian games 바카라사이트 · 4 · 3. Red Tiger · 2. 1X2 · 1X3 · 1X4 온라인카지노 · 1X5 · 1X6.
Posting Komentar