Kamis, 07 Juni 2012

rencana pelaksanaan pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Satuan pendidikan                 : SMP
Mata pelajaran                      : IPA Terpadu
Kelas/ semester                     : IX / 1
Pokok bahasan                       : Pewarisan Sifat  Pada Makhluk Hidup
Alokasi waktu                         : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 Menit )
Tahun pembelajaran               : 2011/2012



I.      STANDAR KOMPETENSI
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup..

II.      KOMPETENSI DASAR
Mendriskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

III.      INDIKATOR
1.            Mendiskripsikan jenis-jenis sifat yang diturunkan mMakhluk Hidup
2.            Mendiskripsikan faktor penentu Pewarisan Sifat.
3.            Mengetahui proses pewarisan Sifat

IV.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.            Siswa dapat mendiskripsikan jenis-jenis sifat yang diturunkan mMakhluk Hidup
2.            Siswa dapat mendeskripsikan faktor penentu Pewarisan Sifat.
3.            Siswa dapat mengetahui proses pewarisan Sifat.




V.       KARAKTERISTIK SISWA
1.      Disiplin
2.      Kerja sama
3.      Ketelitian
4.      Tanggung jawab


VI.      MATERI PEMBELAJARAN
Peta Konsep






VII.      STRATEGI PEMBELAJARAN
A.    Model pembelajaran   : Pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inquiry
B.     Metode pembelajaran : Ceramah, Eksperimeni, Tanya jawab, Presentasi, Penugasan.

VIII.      MEDIA PEMBELAJARAN
A. Alat :  Laptop, LCD,
B. Bahan : Kancing, Gunting dan Benang

IX.      SKENARIO PEMBELAJARAN
No
                               Kegiatan
 Waktu
1.
Kegiatan Awal
  1.  Apersepsi/ motivasi :
v  Memberikan pertanyaan kepada siswa “ Apakah wajahmu mirip dengan ayah atau ibumu?
v  Iya
v  Kenapa bisa ada kemiripan?
v  Karena ada penurunan sifat.
b.      Menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
c.        Guru menyebutkan indikator pembelajaran di depan kelas


10 Menit
2.
Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan di ajarkan. ( 10 menit )
-          Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok. Masing-msaing kelompok beranggotakan 5 siswa yang memang sudah terbentuk . (5 menit )
-          Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pewarisan sifat.
-          Peserta didik memperhatikan faktor penentu pewarisan sifat dibawa oleh guru.
-          Peserta didik dalam setiap kelompok (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses pewarisan sifat.
-          Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mendapat lembar eksperimen yang memuat langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui perbandingan dengan sifat beda.
-          Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang terdapat pada lembar eksperimen.
-          Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
-          Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.

-          Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
-           









50 Menit

3.

Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman/kesimpulan berdasarkan materi yang telah disampaikan.
b.Guru memberikan soal evaluasi sebanyak 5 butir soal tentang materi yang telah dipelajari sebagai postest.
c. Guru menyarankan kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
d.      Guru mengucapkan salam penutup.


20 Menit






X.     SUMBER BELAJAR
1.         Referensi
a.         Rinawan dkk. 2010. IPA SMP untuk Kelas IX. Surabaya: PT. Jepe Press Media Utama.
b.        Lestari, Sri dkk. 2007. IPA Biologi Eksplorasi. Untuk SMP dan Mts Kelas IX. Klaten: Intan Pariwara



XI.     PENILAIAN
1.      Proses
Lembar observasi peran siswa dalam proses pembelajaran.
Hari/Tanggal               :
Kelas/Semester            : IX/I



Aspek yang dinilai
NILAI
No
NAMA SISWA
Kognitif
Afektif
Psikomotor
fo  x 100
fe


KB
KM
KMn
KK
KD
KS
KA
KMi
KMc
KMr
1.
A











2.
B











3.
C











4.
D











5.
E











6.
F












KETERANGAN :
KB      : kemampuan bertanya
KM      : kemampuan menjawab
KMn    : kemampuan menerima
KK      : kemampuan kerja sama
KD      : kedisiplinan
KA      : keaktifan
KS       : keseriusan
KMi     : kemampuan mengikuti intruksi
KMc    : kemampuan mencermati
KMr    : kemampuan merespon



·      Nilai
Nilai (N) =   ƒo         x 100
    Ƒe
                   Keterangan :
ƒe             :  frekuensi ekspenteasi / frekuensi harapan
ƒo             :  frekuensi observasi

2.      Prodak
Tes tertulis
1        Jelaskan  alasan Mendel menggunakan kacang kaprisebagai bahan penelitiannya? ( 20 )
2        Jelaskan pengertian lokus? ( 15 )
3        Tuliskan Hukum Mendel I! ( 25 )
4        Tuliskan Hukum Mendel II! ( 25 )
5        Sebutkan macam-macam kromosom! ( 15 )

Rubrik Penilaian
           
No
Deskriptor
Skor
1
  • Jika lembar jawaban kosong
  • Jika jawaban salah namun dengan bahasa yang baik
  • Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa yang baik, benar,atau tidak.
  • Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa yang kurang baik
  • Jika jawaban benar dengan bahasa yang baik, seperti jawaban berikut ini :
Alasannya karena bentuk biji matang,warna biji kuning dan hijau,warna bunga putih dan ungu,warna polong muda hijau dan kuning,bentuk polong tua halus dan kasar,tinggi tanaman ada yang tinggi dan pendek.
0
4
8

12
20


2
  • Jika lembar jawaban kosong
  • Jika jawaban salah namun dengan bahasa yang baik
  • Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa yang baik, benar,atau tidak.
  • Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa yang kurang baik
  • Jika jawaban benar dengan bahasa yang baik, seperti jawaban berikut ini :
Lokus  merupakan posisi atau letak gen kromosom,misalnya gen-gen penentu bentuk biji mempunyai lokus yang berbeda dengan gen penentu warna biji.
0
4
8

12
15
3
  • Jika lembar jawaban kosong
  • Jika jawaban salah namun dengan bahasa yang baik
  • Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa yang baik, benar,atau tidak.
  • Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa yang kurang baik
  • Jika jawaban benar dengan bahasa yang baik, seperti jawaban berikut ini :
Pada setiap pembentukan gamet ,pasangan alel akan memisah (bersegresi bebas).
0
4
8

12
25
4
  • Jika lembar jawaban kosong
  • Jika jawaban salah namun dengan bahasa yang baik
  • Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa yang baik, benar,atau tidak.
  • Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa yang kurang baik
  • Jika jawaban benar dengan bahasa yang baik, seperti jawaban berikut ini :
Pada setiap alel dari satu lokus dapat berpasangan secara bebas dengan alel ddari lokus lain pada pembentukan zigot.
0
4
8

12
25
5
  • Jika lembar jawaban kosong
  • Jika jawaban salah namun dengan bahasa yang baik
  • Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa yang baik, benar,atau tidak.
  • Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa yang kurang baik
  • Jika jawaban benar dengan bahasa yang baik, seperti jawaban berikut ini :
Kromosom ada dua yaitu:
-          Autosom ( kromosom tubuh )
-          Gonosom ( kromosom kelamin )

0
4
8

12
15


Lembar Kerja Siswa
I.             Tujuan     :    menyelidiki perbandingan genotip dan fenotip F2 pada
 persilangan monohibrida dominasi.
II.             Dasar Teori  :     Pada persilangan monohibrida dominasi dihasilkan keturunan kedua ( F2 ) dengan perbandingan fenotip dan genotip tertentu.
Keturunan kedua menunjukkan fenotip dominan dan resesif dengan perbandingan tertentu ( Hukum Mendel II )

III.           Alat dan Bahan
1.    Kancing baju  merah                                                       100 buah
2.    Kacing baju putih                                                           100 buah
3.    Kertas karton ( 20 cm x 30 cm )                                     2 buah
4.    praktikan
5.    Buku lembar kerja




IV.          Cara Kerja     :
1.    Siapkan 50 kancing baju merah dan 50 kancing baju putih campur dan letakkan dalam kertas karton berilah tanda pada kertas karton Wadah A
2.    Lakukan seperti kegiatan nomor 1 untuk kertas karton yang kedua dan berilah tanda wadah B.
3.    Wadah A kita anggap sebagai induk jantan dengan 100 gen ( heterozigot ) dan wadah B kita anggap sebagai induk betina dengan 100 gen ( heterozigot )
4.    Mintalah seorang temanmu untuk mengambil 1 kancing baju  dari wadah A dan 1 kancing baju dari wadah B dengan mata terpejam, catatlah setiap pasangan kancing baju yang diperoleh dalam tabel.
5.    Lakukan kegiatan itu sampai diperoleh 100 kancing baju .Kemudian ulangi kegiatan tersebut sampai diperoleh 3 kali data kegiatan.
6.    Diskusikan dengan teman-temanmu untuk melengkapi hasil kegiatan sesuai data hasil pengamatan.

V.           Hasil Kegiatan
A.   Tabel Hasil Pengamatan
1.    Percobaan 1
No.
Warna kancing baju
Genotip
Fenotip
Jumlah
Ket.
1.
merah – merah
MM
2.
merah – putih
Mm
3.
putih – putih
Mm

2.    Percobaan 2
No.
Warna kancing baju
Genotip
Fenotip
Jumlah
Ket.
1.
merah – merah
MM
2.
merah – putih
Mm
3.
putih – putih
Mm

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Lucky Lady Casino No Deposit Bonus Codes
A lucky lady casino no deposit bonus is available to new players. Players who sign up with the casino may earn 1xbet a ラッキーニッキー small cash bonus of up to $2000 and can win up vua nhà cái to

baedinkable mengatakan...

The 8 best Asian games - Choegomachine
The 8 best Asian games 바카라사이트 · 4 · 3. Red Tiger · 2. 1X2 · 1X3 · 1X4 온라인카지노 · 1X5 · 1X6.

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates